Untuk melakukan suatu pernikahan banyak hal yang harus dipersiapkan untuk kedua calon pengantin salah satunya adalah surat keterangan belum menikah yang untuk dilampirkan sebagai syarat untuk menikah yang harus disiapkan oleh calon pengantin. Lalu bagaimana cara membuat surat keterangan belum menikah dan persyaratan yang harus dipersiapkan oleh para calon pengantin adalah :

  • Persiapkan fotocopy KTP, KK dan akte kelahiran, Pembayaran PBB serta data dari kedua orangtua.
  • Datang ke ketua RW dan ketua RW tempat anda tinggal untuk dibuatkankan pengantar bahwa anda belum menikah dengan melampirkan fotocopy yang telah dipersiapkan untuk dibawa ke kelurahan
  • Datangi kelurahan dengan membawa berkas-berkas serta surat pengantar belum menikah yang telah ditanda tangani oleh RT dan RW di tempat anda tinggal,  setiba dikelurahan anda akan mendapat surat keterangan belum menikah yang ditanda tangani lurah tempat anda berdomisili.
  • Surat keterangan yang telah ditanda tangani lurah kemudian anda membawanya ke kecamatan untuk mendapat pengesahan dari camat setempat
  • Tahap akhir adalah anda membawanya ke KUA dengan membawa berkas-berkas lain yang diperlukan untuk pendaftaran menikah.

Surat keterangan belum menikah yang anda buat menjadi persyaratan untuk anda ingin menikah dengan sesorang jika anda seorang anggota TNI atau POLRI karena itu merupakan persyaratan utama yang dibuat mereka untuk para anggotanya. Tidak hanya anggota POLRI dan TNI saja ada beberapa perusahaan yang mengajukan persyaratan tersebut dalam merekrut pegawai baru, dan perusahaan yang mengenkan surat tersebut yaitu dimana perusahaan yang membutuhkan konsentrasi pegawainya dalam suatu pekerjaan yang akan ditekuni.

Untuk sekolah-sekolah ikatan dinas mewajibkan para calon mahasiswanya untuk memiliki surat keterangan belum menikah menjadi syarat utama untuk kuliah disana, persyaratan ini  agar mahasiswa tidak terganggu dalam belajar tidak memikirkan keluarga (istri dan anak) atau untuk mahasiswi tidak hamil karena telah menikah. Surat keterangan ini juga digunakan untuk pengajuan KPR rumah dimana jika tidak memiliki surat keterangan ini berarti pengajuan KPR harus ditanda tangani oleh pasangannya suami atau istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *